Cara Lengkap Menghindari Kecurangan Pengisian Di SPBU

Isu tentang kecurangan yang dilakukan pihak pompa bensin ataupun pegawai pompa bensin bukan isapan jempol belaka. Hal ini bisa saja terjadi, dan memang terjadi. Mungkin Anda pernah merasakannya, membeli bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) namun yang Anda dapatkan tidak semestinya.

[caption id="attachment_583" align="alignnone" width="470"]Tips and Trick isi bensin di pom bensin yang curang Tips and Trick isi bensin di pom bensin yang curang[/caption]

Ada banyak cara yang dilakukan para oknum pegawai pompa bensin untuk mengakali saat proses pengisian, jika kita tidak jeli maka kita akan merugi. Namun tentunya kita juga harus cerdas, ada juga trik bagi pembeli untuk meminimalisir praktek nakal mereka. Apa saja, yuk simak ulasan kami tentang 10 Cara Menghindari Kecurangan di SPBU:

1. Untuk pertama kali, sebaiknya kita mengisi bahan bakar di SPBU yang berbeda. Dengan cara ini kita akan mengetahui mana SPBU yang memberi lebih atau normal dan mana SPBU yang memberi sedikit.

2. Setelah Anda mencoba banyak SPBU, sekarang Anda tahu mana SPBU yang benar. Anda bisa berlangganan disana. Namun ingat, Anda juga harus tetap waspada, sekarang mereka jujur lain waktu bisa saja ada praktek nakal di SPBU kesayangan Anda.

3. Jangan pernah meminta mengisi bensin dengan nominal bulat, misalnya Rp.100.000. Cobalah mengisi bensin dengan nominal unik, misalnya Rp. 100.201, para pegawai curang akan kesulitan menjalankan aksinya. Namun trik ini bisa dilakukan jika pembayaran menggunakan kartu kredit. Di Indonesia masih jarang sekali SPBU dengan kartu kredit, sehingga trik ini sulit diterapkan.

4. Pastikan kondisi mesin pengisian ada pada posisi nol (sistem reset)

5. Usahakan Anda turun dari kendaraan dan berbicara dengan pegawai untuk membuat kontak mata. Pegawai akan canggung jika ingin berbuat curang.

6. Jangan biarkan pegawai yang lain mendatangi untuk berbicara dengan Anda seperti menanyakan pembayaran atau hal yang tidak relevan lainnya. Modus seperti ini sudah sering terjadi, ketika salah satu pegawai mengisi bahan bakar, pegawai lainnya mendatangi Anda untuk mengalihkan perhatian.

7. Meminta agar pegawai meninggalkan nosel saat proses pengisian bahan bakar dimulai.

8. Sesaat setelah pengisian selesai, jangan biarkan pegawai langsung mengangkat nosel. Ingat disana masih ada sisa bensin yang Anda bayar meskipun beberapa tetes!

9. Lebih baik Anda membayar melalui kartu, karena Anda dapat membayar tepat sesuai nominal. Seringkali ketika kita mengisi bahan bakar penuh (full tank) nominal yang tertera tidak bulat seperti Rp.99.100 sehingga dalam pembayaran cash dibulatkan menjadi Rp.100.000. Sekali lagi, sayang sekali di Indonesia masih jarang SPBU yang support kartu.

10. Pastikan ada jarak yang cukup antara kendaraan dengan mesin pengisian sehingga selang dapat terbentang maksimal. Ini untuk memastikan agar tidak ada residu yang tertinggal pada selang.

Pastinya trik ini tidak bisa total dalam mencegah aksi kecurangan. Anda masih perlu waspada dengan trik nakal lainnya. Tapi jika Anda adalah pembeli yang smart, Anda akan dapat dengan mudah melihat kecurangan dalam bentuk baru. Demikian ulasan kami tentang mengatasi kecurangan petugas pom bensin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Lengkap Menghindari Kecurangan Pengisian Di SPBU"

Post a Comment