Sejarah Lengkap Group Musik ABBA

ABBA, kuartet asal Swedia, merupakan salah satu kelompok musik paling sukses secara komersial dalam musik populer selama tahun 1970-an. Kelompok ini terdiri dari Agnetha Faltskog, Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, dan Anni-Frid “Frida” Lyngstad. Andersson memainkan keyboard, dan Ulvaeus pada gitar. Keempat personel ABBA semuanya bernyanyi.

Nama ABBA, sering ditulis dengan hurup B pertama terbalik, diambil dari huruf pertama nama setiap anggota.

Group musik ABBA

Andersson dan Ulvaeus dan manajer kelompok, Stig Anderson, memiliki peran besar pada lagu-lagu ABBA.
Lagu ABBA yang terkenal seperti:
"Waterloo" (1974);
"SOS," "Mamma Mia," dan "Fernando" (semua 1975);
"Dancing Queen," “Money, Money, Money,” dan “Knowing Me Knowing You” (semua 1976);
“The Name of the Game” dan “Take a Chance on Me” (keduanya tahun 1977);
dan “The Winner Takes It All” dan “Super Trouper” (keduanya tahun 1980).

Lagu-lagu ABBA mempunyai ciri melodi yang catchy dan kaya akan orkestra. Meskipun kelompok itu berbasis di Swedia, namun mereka merekam lagu-lagu dalam bahasa Inggris.

Ulvaeus lahir pada tanggal 25 April 1945, di Goteborg, Swedia. Lyngstad lahir pada 15 November 1945, di dekat Narvik, Norwegia. Andersson lahir pada 16 Desember 1946, di Stockholm, Swedia, dan Faltskog lahir pada tanggal 5 April 1950, di Jönköping, Swedia.

Keempat personel ini dulunya adalah pemain musik pop sebelum mereka pertama kali main bareng pada tahun 1970 sebagai Festfolk. Mereka mulai tampil bersama secara teratur pada tahun 1972 dan memberi nama ABBA pada tahun 1973. Kelompok ini mendapatkan ketenaran di seluruh Eropa pada tahun 1974 dengan memenangkan Eurovision Song Contest, kompetisi musik tahunan Eropa, melalui perform "Waterloo."

Ulvaeus dan Faltskog menikah dari tahun 1971 sampai 1979. Andersson dan Lyngstad menikah dari tahun 1978 sampai tahun 1981. Kedua pernikahan ini berakhir dengan perceraian.

sejarah musik ABBA

ABBA bubar pada tahun 1982, dan keempat anggota melanjutkan karir musik masing-masing. Andersson dan Ulvaeus ikut menulis musikal-panggung Chess (1986) bersama penulis lirik Inggris Tim Rice. Juga menulis lagu hit “One Night in Bangkok.”

Musikalitas ABBA memperoleh audiens baru dengan popularitas internasional melalui Mamma Mia! (1999), yang menampilkan 22 lagu kelompok tersebut. Sebuah versi film musik ini dirilis pada tahun 2008.

ABBA masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2010. Pada tahun 2013, Musium ABBA yang merupakan bagian dari Swedish Music Hall of Fame, dibuka di Stockholm. (WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Lengkap Group Musik ABBA"

Post a Comment