Ternyata 6 Makanan Ini Tidak Baik Jika Dalam Kulkas

Bisa jadi sekarang kulkas dan lemari pendingin Anda sudah seperti gudang, jika Anda bingung mau meletakkan makanan dimana, tempat yang langsung terlintas adalah, Kulkas! Jika Anda menganggap semua makanan aman ditempat ini, maka perlu dipikirkan lagi. Tidak semua makanan akan aman jika dalam kulkas.

Tips Awet Makanan

Ada beberapa makanan yang tidak dapat dimasukan dalam kulkas, bukan karena makanan tersebut berbahaya, tapi tekstur makan tersebut bisa hancur, beberapa malah akan berubah rasa.

Berikut ini makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam kulkas atau lemari pendingin.

1. Pisang
Suhu rendah akan menghambat pematangan buah. Jadi jika Anda memasukkan Pisang kedalam kulkas, pastikan pisang sudah pada tingkat kematangan yang Anda suka. Jika Anda memasukan pisang belum matang (masih hijau) maka pisang akan berada pada status hijau dalam jangka waktu yang lama.

Anda dapat mendinginkan pisang untuk memperlambat pematangan. Kulit mungkin bisa berubah warna menjadi coklat tua, atau bahkan hitam, tapi buah itu sendiri akan tetap utuh, dan sempurna untuk dimakan.

2. Minyak
Minyak mempunyai tekstur yang halus, dan tentu saja, minyak tidak akan terlalu berubah tekstur pada suhu hangat. Tapi ketika suhu turun, minyak cenderung menjadi tebal. Minyak yang lebih kuat terhadap suhuh rendah adalah minyak zaitun dan minyak kelapa.

3. Kentang
Ketika suhu rendah, pati dalam kentang akan rusak. Hal ini cenderung membuat kentang lebih berpasir dan sangat manis. Rusaknya pati ini tidak dapat dikembalikan lagi. Jadi mendinginkan kentang dalam kulkas bukanlah ide yang baik.

Baca Juga: Lukisan Dari Tetesan Air

4. Biji Kopi
Kopi akan menarik semua jenis bau yang ada di kulkas untuk dirinya sendiri. Itulah sebabnya ketika Anda mendinginkan kopi dalam kulkas, Anda tidak akan mencium bau kopi yang sama lagi.

Memasukkan kopi dalam kulkas juga akan mengubah rasa. Perubahan suhu akan menyebabkan emisi kelembaban, yang pada gilirannya akan merusak rasa.

4. Bawang Merah
Bawang merah cenderung akan berjamur jika dalam suhu rendah. Memasukkan dalam kulkas juga menyebabkan bau menyengat dari bawang merah akan menyebar ke semua makanan yang ada dikulkas, Anda tidak ingin semua makanan berasa bawang merah, bukan?

5. Madu
Madu mempunyai kemampuan sendiri untuk membuat dirinya awet. Jika Anda mempunyai madu yang berumur beberapa tahun, cobalah amati, rasa dan bentuknya masih sama, botolnya saja yang mungkin terlihat buruk. Jadi, jika Anda berpikir mendinginkan madu bisa membuat awet, Anda keliru.

Sebaliknya, suhu rendah akan menyebabkan madu mengkristal dengan cepat, yang pada gilirannya akan mengubah tekstur ke dalam bentuk lebih tebal, hampir pucat. Anda akan kesulitan menyendoki keluar kecuali Anda hangatkan dalam microwave.

6. Tomat
Ini cukup mengejutkan. Tapi memang benar, tomat tidak harus disimpan di kulkas. Suhu dingin akan merusak tekstur mereka, membuat tomat dingin dan lembek. Seperti halnya bawang merah, tomat juga cenderung berjamur dalam kulkas.

Masih ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam kulkas, seperti bawang putih, melon, alpukat, roti dan herbal segar. (sumber:stylecraze/bukanscam)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ternyata 6 Makanan Ini Tidak Baik Jika Dalam Kulkas"

  1. Betul banget itu, mending dibiarin aja di luar.
    apalagi kentang mending taruh dibawah aja

    ReplyDelete